Berita & Artikel

https://mitrapulsamandiri.co.id/Mitra Pulsa Mandiri Penipu? Waspadai Berbagai Modus Penipuan berikut!

Mitra Pulsa Mandiri Penipu? Waspadai Berbagai Modus Penipuan berikut!

Hindari penipuan yang mengatasnamakan Mitra Pulsa Mandiri, perhatikan beberapa hal berikut agar selalu aman.

Penipuan di Indonesia sudah marak terjadi dari dahulu. Apalagi di era digital saat ini penipuan semakin banyak ragam dan modusnya. Berbagai macam elemen industri telah menjadi sasaran para penipu termasuk Mitra Pulsa Mandiri. Bagaimana cara untuk terhindar dari penipuan? Apa saja modus para penipu untuk melancarkan aksinya? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Pentingnya OTP (One-Time Password)

OTP adalah kode verifikasi sekali pakai yang biasanya didapatkan jika kita ingin melakukan hal-hal penting seperti login aplikasi ke perangkat baru, melakukan transaksi penting, dan lain-lain. Biasanya OTP didapatkan dari SMS, whatsapp, atau email yang terhubung dengan aplikasi tersebut. OTP adalah hal yang sangat penting dan bersifat sangat pribadi. Artinya, tidak boleh ada pihak lain selain pemilik akun yang harus mengetahui kode OTP termasuk pihak perusahaan. Oleh karena itu jika ada pihak lain termasuk yang mengatasnamakan perusahan meminta kode OTP, sudah bisa dipastikan bahwa pihak tersebut sedang melakukan modus penipuan. Hindari dan langsung blok pihak tersebut.

2. Mengklik Link yang tidak jelas atau mencurigakan.

Modus penipuan terbaru yang baru-baru ini viral yaitu korban dikirim link oleh pelaku yang mengaku sebagai kurir pengiriman untuk mengkonfirmasi paket yang sebenarnya korban tidak memesan apapun. Karena bingung dan panik, ada kemungkinan korban mengklik link yang dikirim oleh pelaku yang berisi aplikasi phising yaitu aplikasi untuk mendapatkan informasi sensitif di perangkat korban seperti id dan password dari email maupun aplikasi di smartphone korban. Kita patut waspada terhadap link yang dikirimkan oleh seseorang maupun pihak yang mengatasnamakan perusahaan, apalagi pihak yang sama sekali tidak dikenal, lebih baik menghindari dan menanyakan hal tersebut ke teman yang lebih paham.

3. Diiming-imingi atau dijanjikan hadiah

Kadang suatu perusahaan memang mengadakan event tertentu dengan hadiah yang telah disediakan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa para peserta tidak pernah dipungut biaya apapun untuk mendapatkan hadiah tersebut. Para peserta juga tetap tidak boleh memberikan informasi sensitif apapun apalagi kode OTP yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku. Jika pada saat event tertentu saja sudah banyak sekali modus penipuan yang terjadi, apalagi disaat tidak ada event, kehati-hatian harus selalu ditingkatkan.

4. Diancam atau ditakut-takuti

Pelaku penipuan juga memanfaatkan ketidaktahuan para korbannya akan teknologi dengan menakut-nakuti akan sanksi-sanksi seperti akun yang akan terblokir, saldo yang terpotong secara tidak sengaja, atau mungkin ancaman lainnya yang intinya akan meminta data-data pribadi para korbannya. 

5. Akun-akun palsu

Para pelaku penipuan melancarkan aksinya menggunakan akun-akun yang mirip seolah-olah bahwa akun tersebut adalah akun resmi dari Perusahaan tersebut. Maka dari itu pengetahuan akan akun resmi perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Jika masih ragu akan suatu akun, pengecekan bisa ditanyakan kepada customer service resmi yang terdaftar.

 

Apa saja akun resmi dari Mitra Pulsa Mandiri

Agar terhindar dari berbagai macam modus penipuan, perlu diketahui channel penting dari suatu perusahaan. Berikut ini channel resmi yang dikelola oleh Mitra Pulsa Mandiri untuk membantu dan memberikan informasi resmi perusahaan.

 

Kesimpulan

Waspada, tidak panik, dan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak adalah kunci agar selamat dari percobaan penipuan. Sehingga apakah Mitra Pulsa Mandiri Penipu? Prastica Reload Penipu? Zie Pulsa Penipu? Tentu saja tidak benar. Selalu amankan data-data pribadi dan jangan pernah memberi informasi sensitif kepada siapapun. Ketahui dan Follow semua Channel dan contact resmi dari Mitra Pulsa Mandiri agar mendapatkan informasi terkini.